Secercah harapan dalam berdirinya : Komunitas Pecinta Buku (KPB) Pulau Kangean


Komunitas ini lahir disebuah pulau paling ujung timur madura tepatnya masuk dalam kabupaten Sumenep, pulau yang tingkat kepeduliannya terhadap pengembangan Sumber Daya Manusia sekitar sangat Minim, sehingga beberapa desa diberbagai pelosok mayoritas masyarakatnya masih buta aksara, ya itulah Pulau Kangean namanya.

Komunitas Pecinta Buku (KPB) Pulau Kangean ini berdiri tepat pada Hari Pahlawan tanggal 10 November 2017, memang sengaja momennya dipas kan agar ketika kita ingat akan komunitas ini maka kita akan ingat juga akan hari dimana semua perbudakan, semua pembodohan, dan semua penjajahan diatas bumi ini layak untuk dilawan karena bertentangan dengan Hak Asasi Manusia dan kebebasan hidup masing-masing orang dalam bernegara sehingga Indonesia tidak lagi menjadi negara yang masyarakatnya tertinggal diberbagai sektor.

Begitu juga dengan tujuan komunitas ini didirikan yaitu untuk memberdayakan masyarakat sekitar, khususnya anggota komunitas, teman-teman yang lain dan lebih-lebih masyarakat pulau kangean pada umumnya agar mempunyai daya saing yang tinggi, kualitas yang bagus dan pengetahuan serta wawasan yang luas, sehingga tidak ada lagi perbedaan pengetahuan antara orang pulau dengan orang kota.

Salah satu program yang sudah dilaksanakan yaitu "Reading Outdoor" yaitu kegiatan yang menjemput pembaca ke tempat-tempat keramaian seperti pasar, alun-alun dll. dengan menggelar lapak buku untuk memaksimalkan waktu para pengunjung yang lagi menunggu untuk membaca.

Pertama kali dibuka tepat pada tanggal 10 november 2017 di Jembatan Kalisangka dengan diikuti para pemuda desa kalisangka selaku pendiri komunitas ini dan teman-teman dari mahasiswa STIKA dan teman-teman anggota grup WA  yang lain yang kebetulan mempunyai semangat juang yang sama untuk pemberdayaan masyarakat.

Kemudian pada tanggal 08 Desember 2017 dan pada tanggal 15 Desember 2017 berturut-turut diadakan lagi di Lapangan Alun-Alun Arjasa dengan diikuti berbagai pengunjung disana

Reading Outdoor di Lapangan Alun-alun Arjasa yang kedua

Reading Outdoor di Lapangan Alun-alun Arjasa yang ketiga
Link Video : https://www.youtube.com/watch?v=_jgsN988X84

Semoga kedepannya komunitas ini bisa solid dan terus maju sesuai dengan tujuan awal berdirinya yaitu mengembangkan sumber daya pemuda ataupun masyarakat pulau kangean yang berkualitas  dan berdaya saing tinggi.

Terima kasih
(a.r/red)

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Secercah harapan dalam berdirinya : Komunitas Pecinta Buku (KPB) Pulau Kangean"