Sadar secara Fisik belum tentu sadar secara Batin


Kesadaran adalah sesuatu yang membuat kita untuk berubah, sesuatu yang membuat kita bisa mengoreksi kelemahan, kesalahan, keegoisan, maupun sifat riya' yang ada pada dalam diri kita, karena kesadaran adalah sesuatu yang sangat penting yang kita butuhkan dalam hidup.

                Kesadaran disini bukanlah sadar secara fisik, karena sudah pasti semua manusia yang terlahir ke dunia ini akan merasakan kesadaran yang normal hanya saja dalam perjalanannya mungkin ada yang keluar dari situ entah karena gangguan kejiwaan, rasa frustasi, rasa putus asa yang ada dalam dirinya baik diakibatkan dari berbagai masalah yang menyebabkan mereka tidak sadar secara emosional. Namun kesadaran yang kita maksud disini yaitu sadar secara batin, sadar secara hati ataupun jiwa.

                Sadar secara batin ialah sadar akan berbagai kekurangan yang ada pada dalam diri kita, baik itu dari sifat, tingkah laku, pemikiran dan spiritualitas kita dalam menanggapi berbagai permasalahan dalam hidup. Salah satu diantaranya yang jika kita telusuri seperti misalnya, jika kita melihat semua yang orang lain lakukan itu salah dan tidak sesuai dengan pikiran kita, berati kita harus sadar pasti ada sesuatu yang salah didalam hati kita. Jika kita selalu merasa resah dalam hidup, kita juga harus sadar kita pasti selalu mengabaikan sang penjamin kebahagiaan hidup. Jika kita selalu merasa bersalah karena sesuatu yang telah kita lakukan yang selalu membuat kita terus menyesal, kita juga harus sadar karena kita belum sepenuhnya yakin pada sang maha pengampun. Jika semua masalah seakan terus melanda tiada hentinya, kita juga harus sadar kita telah jauh dari upaya mendekatkan diri (Ibadah) pada sang pengatur hidup. Jika kita telah berusaha semaksimal mungkin dalam usaha namun upaya kita masih jauh dari hasil, kita juga harus sadar pasti ada sesuatu yang tidak berkah dalam hidup. Jika kita merasa jauh tertinggal dari temen-temen dalam segi ilmu kita juga harus sadar untuk mulai berupaya belajar. Jika kita selalu terlihat buruk dimata orang lain, kita juga harus sadar berati ada sesuatu yang salah dan harus kita perbaiki dalam diri kita dan kitapun juga harus sadar kita tidak akan mungkin menjadi sempurna hanya kita bisa berusaha untuk terus berbenah.

Sekarang mari kita tanyakan pada dalam diri kita, Sudah sadarkah batin kita ??

                Jika kita tidak mengalami salah satu dari hal yang serupa diatas berati ada yang salah dalam diri kita, jangan-jangan kita sudah tertipu akan kesenangan semu yang bisa didapatkan sewaktu-waktu dan sesaat yang adakalanya kita bahagia lalu terjerumus dalam penyesalan. Periksa kembali hati kita, masihkah terdengar suara suci dalam hati dan nurani kita yang menuntut kita untuk terus memperbaiki diri dan berbenah dalam upaya selalu mendekat dalam kebaikan.

                Intinya kesadaran secara batin melahirkan pembenahan dalam diri untuk terus memperbaiki diri dari satu waktu ke waktu yang lain yang bertujuan untuk menghasilkan perubahan dalam hidup.

Terima Kasih

(a.r/red)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sadar secara Fisik belum tentu sadar secara Batin"

Posting Komentar