Kenapa Hati kita selalu Resah ??

 

Disetiap aktivitas dan keseharian kita tak jarang mengalami hal-hal yang membuat hati kita menjadi resah, membuat hati kita mudah membenci dan bahkan selalu membuat hati kita mudah menjadi marah, entah itu dari mana datangnya dan bagaimanapun kondisinya selalu saja ada masalah yang menimpa kita. Dan disaat posisi hati kita yang tidak stabil seperti itu nasehat seakan menjadi perkataan yang tak lagi bermakna, kesabaran sudah tak lagi bisa menolong dan bahkan orang yang bermaksud ingin membantu malah kita anggap menggurui, mengejek ataupun menghina dari saking memuncaknya luapan kekesalan dan emosi yang ada dalam diri kita, padahal ia tak lain hanya ingin membantu dan mengingatkan kita untuk tidak mudah resah ataupun marah sehingga pada akhirnya hati kita akan kembali menjadi tenang dan bisa lebih baik lagi dari sebelumnya.

                Hal seperti itu memanglah wajar dan sudah pasti dialami oleh masing-masing dari diri kita, karena sudah sifat dasar kita sendiri yang diciptakan selalu berkeluh kesah dan mudah gelisah akan sesuatu yang tidak pasti dan tidak sesuai dengan keinginan kita. Namun itulah hakikat hidup yang menuntut kita untuk terus bersabar, terus rendah hati, terus memperbaiki diri dan terus berjuang melewati ujian demi ujian hidup didunia ini.

                Yang namanya masalah tidak akan pernah selesai dan tidak akan pernah menemui titik akhir karena masalah itu sendiri diciptakan untuk menyaring mana hamba-hamba-Nya yang berkualitas, hamba-hamba-Nya yang benar-benar beriman dan hamba-hamba-Nya yang benar-benar kuat melewati berbagai rintangan demi rintangan hidup yang mana tentunya akan mengantarkan diri kita menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang diunggulkan dan pribadi yang disayangi oleh Allah Swt serta makhluk - makhluk lainnya.

                Allah Swt. pun juga akan membangga-banggakan kita pada mahkluk lainnnya, "Inilah hambaku, inilah yang kumaksud kepada kalian kenapa aku mengatakan bahwa makhluk-Ku yang satu ini (Manusia) lebih baik dan lebih sempurna dari kalian". 

Resahnya hati dan mudahnya emosi itu hanya akan dialami oleh kita yang kurang bersyukur dan kita yang jauh dari kata zuhud (tidak cinta dunia), karena bagaimana tidak, jika semua yang ada dipikiran kita hanyalah tentang dunia, entah itu karena harta, jabatan, gelar dll. yang selalu kita khawatirkan, maka pada akhirnya akan menuntut kita untuk memilikinya sehingga sedikitpun salah satunya tidak kita miliki ataupun hilang, hati kita akan menjadi resah dan tidak tenang. Resahnya hati juga terjadi karena kita terlalu menggantungkan pemikiran pada logika kita sendiri dan tidak yakin akan campur tangan Allah Swt. di setiap detik aktifitas dan kehidupan kita.

                Maka dari itu, jika hati kita tidak ingin resah, tidak akan mudah emosi dan tidak mudah marah, mulailah dengan memperbanyak sujud, memperbaiki cara berpikir kita dalam memandang hidup karena semua yang terjadi itu atas dasar izin-Nya dan memperkuat iman dengan terus berpikir positif dan sadar akan semua masalah semata-mata hanya untuk kebaikan diri kita .

"Tidak ada kebahagiaan yang benar-benar membahagiakan selain semua tentang yang kita cintai dan tidak ada cinta yang lebih baik selain cinta kita kepada sang pencipta, Allah Swt."
(penulis)

Terima kasih.

(a.r/red)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Hati kita selalu Resah ??"

Posting Komentar