Jangan mudah berputus asa, teman !! sebab Allah selalu menunggu taubat kita ..


Seperti yang kita tahu bahwa hidup ini hanyalah ladang beramal dan juga tempat persinggahan bagi kita dalam menyiapkan diri untuk kembali ke akhirat nanti.

Akan tetapi dalam perjalanannya kerap kali kita mudah terbuai, tergoda, terpengaruh bujuk rayu sehingga kitapun lupa akan perintah-Nya agar tidak mengikuti dan tidak terperdaya akan berbagai godaan. Yang sudah sangat jelas diharamkan malah kita lakukan, yang sudah jelas harus kita jauhi malah kita dekati dan yang sudah pasti itu akan membawa murka Allah Swt. tetap juga kita lakukan. Lagi, lagi dan lagi……!!! Naudzubillah

Disalah satu momen ketika kita sadar akan begitu banyak dosa yang kita perbuat, berbagai maksiat yang kita lakukan, kadang kita merasa bahwa diri ini sudah tidak pantas lagi untuk menjadi hamba kebanggaan-Nya, diri ini sudah tidak pantas lagi untuk mengharapkan Rahmat-Nya dan dalam kata lain Frustasi dan Putus Asa adalah jalan terakhir kita sebagai titik pasrah akan balasan apa yang kita terima.

Namun Allah Swt dengan sifat Rahman dan Rahim-Nya mengatakan ataupun berfirman dalam QS. Az-Zumar ayat 53 yang berbunyi : "Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Artinya kita dilarang untuk berputus asa akan Ampunan dan Rahmat Allah Swt. karena sebanyak apapun dosa kita tetap Rahmat dan Ampunan Allah Swt. lebih besar daripada itu semua. Pintu taubat itu selalu terbuka bagi kita, pintu ampunan itu selalu ada, tinggal bagaimana keseriusan kita untuk kembali menata diri dan kembali ke jalur yang sudah ditentukan-Nya.

Dan juga berputus asa ini merupakan salah satu perbuatan yang termasuk kategori dosa besar, dan Allah swt. pun tidak menyukai perbuatan yang seperti ini karena seakan-akan tidak mempercayai bahwa Allah mampu mengampuni dosa yang sedemikian banyak. Sahabat Nabi Ibnu Mas'ud r.a berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda: "Pendosa yang mengharapkan rahmat Allah adalah lebih dekat kepada Allah daripada abid (ahli ibadat) yang membuat orang berputus asa dari rahmat Allah Swt."

Betapa besar kasih sayang Allah pada kita, tak peduli seberapa banyak dosa yang kita lakukan dan berbagai keburukan yang selalu kita kerjakan, pintu ampunan dan kasih sayang Allah itu selalu terbuka. Selagi ada waktu mari kita perbanyak bertaubat, perbanyak merenung akan dosa-dosa yang kita lakukan dan ribuan nikmat yang kita sia-siakan yang tak lain bertujuan agar kita bisa terus memperbaiki diri dengan tidak mengulangi perbuatan-perbuatan buruk yang terjadi dimasa lalu.

Dan sekarang sudah Saatnya kita hijrah, menata masa depan dengan kebaikan dan menyiapkan bekal menuju perjumpaan, karena "Selalu ada jalan kembali bagi  kita yang ingin memperbaiki diri".

(a.r/red)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jangan mudah berputus asa, teman !! sebab Allah selalu menunggu taubat kita .."

Posting Komentar