Jangan Cuma Wanita yang disuruh Menutup Aurat, Pria pun Juga Wajib Menutup Aurat


Permasalahan aurat adalah hal klasik yang sampai sekarang terjadi, aurat  adalah bagian dari tubuh manusia yang wajib ditutupi dari pandangan orang lain dengan pakaian. Dan bagian-bagian tersebut sudah ada batasannya masing-masing, baik itu untuk kaum Wanita yakni seluruh tubuhnya, kecuali kedua telapak tangan dan muka dan sedangkan untuk kaum Pria adalah antara pusar hingga lutut, artinya pusar dan lutut sendiri bukanlah aurat.

Seperti yang akan kita bahas ini, sering kali kita mengingatkan kepada para wanita khususnya baik itu di rumah maupun keluar rumah yang tentunya akan bertemu dengan banyak orang yang bukan muhrimnya agar menggunakan pakaian yang menutup aurat, karena hal itu sudah di syariatkan dalam agama dan agar untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, tapi nyatanya seringkali kita kaum pria masih banyak yang melanggar dari syariat tersebut. Contoh kecil saja, kita masih sering melihat beberapa pria atau bahkan saya sendri menggunakan celana pendek yang pastinya di atas lutut, dan masih sering pula kita melihat sebagian pria ketika mereka berada dirumahnya tidak pakai baju hanya pakai celana pendek saja, seakan jika dirumahnya tersebut itu tidak masalah yang terpenting ketika keluar rumah harus menutup aurat, padahal tetangga disamping kita jelas-jelas adalah orang yang tidak diperbolehkan melihat aurat kita.

Hal semacam ini seakan lumrah dan sudah biasa terjadi, seakan-akan hanya wanita lah yang dianjurkan untuk menutup aurat baik itu dirumah ataupun ketika mau berpergian kemana-mana sedangkan kaum pria sendiri tidak. Padahal Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Janganlah seorang lelaki melihat aurat lelaki (lainnya), dan janganlah pula seorang wanita melihat aurat wanita (lainnya). Seorang pria tidak boleh bersama pria lain dalam satu kain, dan tidak boleh pula seorang wanita bersama wanita lainnya dalam satu kain.” [HR. Muslim, no. 338 dan yang lainnya]. Dan masih banyak lagi hadis-hadis tentang anjuran untuk menutup aurat ini.

Dari saking pentingnya perintah untuk menutup aurat ini, bahkan Allah pun befirman dalam Al-Qur’an: “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman : "Hendaklah  mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”. (QS. An-Nur ayat 30-31)

Untuk itu mumpung kita masih diberi waktu dan kesempatan untuk berbenah, marilah kita sama-sama saling memperbaiki dan saling mengingatkan jika ada teman-teman kita, tetangga kita, keluarga kita, dan khususnya kita sendiri yang masih berpakaian tidak menutup aurat atau hal apa saja yang tidak sesuai dengan syariat agama agar bisa diluruskan dan diperbaiki agar sesuai dengan perintah ataupun anjuran Allah Swt. Aamiin…

Kesimpulan terakhir, Marilah kita tinggalkan dan tanggallkan pakaian-pakaian kita yang tidak sesuai dengan anjuran Islam dan syariat agama khususnya untuk kaum pria yang masih terbiasa menggunakan celana pendek agar menggantinya dengan celana panjang yang sesuai dengan aturan-aturan didalam Islam. Karena celana pendek itu adalah identik ataupun kebiasaan berpakaian yang sering digunakan oleh kaum barat. Padahal Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam sendiri bersabda: “Barangsiapa menyerupai suatu kaum maka ia termasuk bagian dari mereka” (HR Abu Dawud, hasan).

Mungkin cukup sekian yang bisa saya sampaikan,  jika ada lebih-lebih atau salah kata, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian.

Terima kasih.

(a.r/red)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jangan Cuma Wanita yang disuruh Menutup Aurat, Pria pun Juga Wajib Menutup Aurat"

Posting Komentar