Ketika Berhijab hanya sekedar untuk Berbudaya dan Bergaya


Memasuki zaman akhir ini banyak sekali gaya hidup yang sudah tidak lagi mengikuti akan sunnah Nabi melainkan terpengaruh akan budaya kaum barat yang utamanya dialamia oleh kaum wanita. Ironis sekali memang jika kita melihat itu semua, tapi realitanya memang sedang marak terjadi di negeri kita ini sendiri.

Banyak dari kita terlahir dari keluarga yang memang sudah Islam sehingga kita tidak perlu lagi mencari kebenaran yang sejati apa hakikat dari agama kita itu sendiri. Inilah salah satu kelemahan dari kita sehingga dengan mudahnya kita terpengaruh akan gaya hidup barat yang tidak Islami.

Salah satu contoh yang bisa kita ambil yaitu banyaknya pakaian kaum hawa yang serba ketat, tidak menutup aurat, transparan, bahkan mengundang nafsu bagi para kaum lelaki yang melihatnya. Inilah yang dikhawatirkan oleh Nabi Muhammad SAW beliau mengatakan : “Akan ada zaman dimana seseorang terlihat berpakaian tapi telanjang”. Dan perkataan beliau benar-benar terjadi saat ini dimana kaum hawa berapakaian yang serba transparan sehingga dari luarpun semua kelihatan. Astaghfirullah ..


Sesuai dengan judul yang saya angkat diatas, Ketika berhijab hanya sekedar untuk berbudaya dan bergaya maksudnya apa, kerap kali kita melihat para wanita yang jika keluar rumah memakai hijab tapi nyatanya apa ketika mereka sudah pulang hijabnnya dilepas sehingga banyak dari tetangga-tetangga kita utamanya kaum lelaki bisa melihat rambut dan kulit kita dengan bebas. Padahal dalam Islam kita tidak diperbolehkan memperlihatkan aurat kita bagi lawan jenis terkecuali ada ikatan seperti suami.

Bahkan orang non Islam pun sekarang sebagian ada yang sudah memakai hijab, alasannnya apa karena hijab sudah dianggap sebagai Patokan gaya hidup dalam berbusana bukan karena syari’at agama. Sepertinya memang tidak masalah karena ada sisi positif dalam trend hijab ini, namun sangat disayangkan jika cara berhijabnya pun diluar tatanan yang dianjurkan oleh Islam yang mana cara memakainya hanya untuk sekedar menutupi rambut dan tak khayal pun leher kita dibiarkan untuk tidak tertutupi ataupun kelihatan.

Islam itu adalah agama yang kompleks semua tata cara kita hidup didunia ini sudah ada pedomannya tinggal bagaimana kita bisa mengikutinya atau tidak, lagi-lagi itu semua bisa terjadi jika faktor kesadaran kita tersentuh akan hal itu karena memang sudah kewajiban yang seharusnya dipatuhi oleh kita sendiri sebagai muslim. Baik itu dari cara kita berbicara, berperilaku, makan minum, bergaul termasuk berpakaian itu sendiri sudah ada tuntunannya dalam Islam.

Note : Artikel ini hanyalah pemikiran pribadi dari saya sendiri, jika ada kekeliruan kata-kata atau tidak sesuai mohon maaf sebelumnya.

Terima Kasih.

(a.r/red)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ketika Berhijab hanya sekedar untuk Berbudaya dan Bergaya"

Posting Komentar